Rabu, 27 November 2013


cinta-dari-mulut

Daripada berserakan dan terbuang melayang dengan percuma, mutiara-mutiara hati ini kukumpulkan dan kusimpan disini sebagai renungan saat ini dan dikemudian hari.

Semua ini dituliskan dengan spontan saja, baik saat dijalan, dikamar, saat menikmati segelas kopi atau sedan menonton televisi. Saat bangun dari tidur atau saat menjelang tidur. Adakalanya juga salam masalah, melihat matahari terbit, bahkan bisa saja saat dalam kamar mandi!Dan kutambahkan juga mutiara dari sahabat yang berkenan.

Kucoba dan berusaha untuk mengumpulkan sebanyak 365 mutiara, agar bisa dijadikan setahun yang penuh makna.

Semoga…

1____________________________________

taolie-foto1228semangat3
02________________________________________________________________
Siapa yang dapat bersabar ia adalah pemenang sesungguhnya. Sabar dalam kesusahan dan penderitaan. Sabar menerima hinaan. Sabar menghadapi cobaan. Sabar menahan nafsu.
03________________________________________________________________
Kepopuleran sangat menarik dan diminati manusia pada umumnya. Kepopuleran membuat seseorang menjadi bangga dan merasa lebih dari orang lain. Itulah segala cara, baik dalam arti positif maupun negatif untuk meraihnya. Dalam berbagai bidang hal ini ada.
Kepopuleran dapat membuat seseorang melambung tinggi, tapi juga bisa menjadikannya tenggelam dalam jurang yang menyedihkan.
04________________________________________________________________
Sebagai orang tua tentu kita ingin anak tumbuh menjadi pribadi yang baik. Pintar dan dapat dibanggakan. Untuk itulah kita akan menjaga dan mendidiknya dengan cara yang terbaik.

Namun sebagai orang tua sering tanpa menyadari apa yang dianggap yang terbaik itu justru meracuni anak sendiri.

Kita berpikir itu sebagai cara untuk mengungkapkan kasih sayang. Sayangnya hal itu malahan membuat anak-anak tidak bertumbuh.
05________________________________________________________________
Kebahagiaan itu akan datang saat engkau sanggup meletakkan segala kerisaipuan. Engkau dapat melepaskan keinginan-keinginan dan kemelekatan pada segala yang berbentuk.
Kebahagiaan itu akan selalu ada saat engkau sanggup mengubah pikiran dan sudut pandang terhadap hidup ini.
Bila relung-relung pikiranmu diisi oleh benih-benih kedamaian, maka ada kebahagiaan. Sebaliknya bila engkau isi dengan kerisauan, makan penderitaanlah yang ada.
06________________________________________________________________
Pikran adalah pengendali kehidupan. Pikiran bagaikan nahkoda yang mengomandaoi kapal di tengah lautan. Ia yang berkuasa. Begitulah pikiran menahkodai kehidupan manusia.
Kita lupa, bahwa ada yang lebih berkuasa daripada pikiran. Yakni Kuasa Tuhan. Seperti Nahkoda ada yang berkuasa atas kuasanya.

Tanpa sadar banyak di antara kita membiarkan pikiran berkuasa menghalangi Kuasa Tuhan bekerja atas hidup kita.
07________________________________________________________________
Kadang apa yang kita anggap kurang berharga, sungguh menjadi sangat berharga bagi orang lain. Yang lebih dahsyat hal itu dapat mendatangkan kebahagiaan bersama. Inilah nilai kehidupan dari memberi dan berbagi.
08________________________________________________________________
Andaikan rasa malu yang mendahului kita ketika hendak melakukan kesalahan. Bukannya hadir setelah kesalahan terjadi, maka hidup kita akan terhindar dari banyak kesalahan yang sia-sia.
09________________________________________________________________
Mengucapkan terima kasih memang mudah. Tapi tidah semudah yang kita kira. Sebab tidak sedikit yang masih sulit untuk mengucapkannya.
Belum lagi soalnya nilainya. Apakah hanya sekadar mengucapkan atau berasal dari ketulusan hati? Tentu kita yang bisa menilai.
10________________________________________________________________
Sejatinya kita memang perlu melatih diri kita, agar tidak terjebak pada amarah setiap hari. Namun adalah pilihan realistis ketika kita tidak bisa menghentikan amarah itu dengan membuangnya dan melupakan pada saat hendak tidur.
11________________________________________________________________
Manusia jaman kekinian lebih sibuk memperindah penampilan dan lebih mengisi otaknya dengan segala ilmu. Kebanyakan lupa untuk mengisi jiwanya yang gersang dan melompong. Karena pandangan yang salah.
12________________________________________________________________
Hidup adalah perjalanan penuh dengan beban dan masalah. Tidak mungkin akan lancar selamanya. Pasti ada masa-masa susahnya. Memahami hal ini, tentu kita akan menyiapkan diri menghadapi semua itu tanpa keluh-keluh. Karena kita percaya, bila waktunya semua akan berlalu.
Seperti bumi yang kita huni ini. Alam telah mengajarkan, tidak selama akan ada musim kemarau. Akan ada waktunya berlalu dan berganti musim hujan yang menyejukan.
13________________________________________________________________
Menghamba kepada Kekuasaan Tuhan adalah kemuliaan, sedangkan menghamba kepada kekuasaan manusia adalah kehinaan.

Mengakui Keberadaan Tuhan dalam segala lalku adalah keimanan, sedangkan mengakui keberadaan manusia adalah segalanya itu adalah kebodohan.
14________________________________________________________________
Membiarkan anak berbuat kebaikan adalah cara memupuk budi pekertinya. Mengajarkan anak untuk hidup berbagi, maka ia akan mengerti makna hidup ini.
15________________________________________________________________
Melihat suatu masalah jangan hanya menggunakan pemikiran dan standar diri sendiri. Sebab itu akan memudahkan kita terjebak dalam kesalah-pahaman. Perlu kejernihan pikiran untuk memahami secara jelas dan luas sebelum menyimpulkan.

0 komentar:

Posting Komentar